Ikon Singkawang Bukti Kerukunan Beragam Etnis

Setiap melakukan kunjungan kesuatu daerah, tentunnya kita akan melakukan kunjungan ke tempat yang menjadi ikon daerah tersebut. Kemarin Senin (18/2), saya melakukan kunjungan ke Kota Hongkong Van Borneo. Kesempatan kali ini saya kan berbagi tentang ikon singkawang.

Ikon singkawang, yang pertama  adalah Tugu Naga Emas. Kota yang berjuluk 1000 Vihara ini, terdapat tugu ikon naga emas di persimpangan Jalan Kempol Mahmud – Jalan Niaga.. Ikon ini menjadi salah satu favorit untuk bagi wisatawan  untuk berswa foto.

Letak masjid ini sekitar 200 meter dari Vihara Tri Darma Bumi Raya, vihara tertua di Singkawang. Masjid yang berdiri tegak di  Jl. Mesjid, Melayu yakni di tengah-tengah kawasan tempat tinggal masyarakat Tionghoa dan Muslim ini seperti menjadi bukti kerukunan beragama yang sudah berlangsung. Inilah Masjid Raya Singkawang, masjid yang menjadi simbol kerukunan dan Ikon di kota  1000 Vihara tersebut.

Selanjutnya, benda cagar budaya Tri Dharma Budi Raya. Vihara  tersebut sudah berdiri sejak 1878 dan menjadi ikon kota yang mendapatkan  penghargaan  kota tertoleran. Tepat di belakangnya terdapat Masjid Raya Singkawang yang dibangun sejak 1885. Walau berbeda ajaran, namun dua tempat ibadah tersebut menjadi  bukti kalau kehidupan umat beragama di kota ini sarat dengan tenggang rasa atau toleransi.

Selain itu, tugu di Bundaran 100 yang berlokasi di Bundaran Jl. Tani, Sedau, Singkawang Selatan, Kalimantan  Barat ini menjadi ikon yang penuh makna.

Puncak tugu Bundaran 100,  berbentuk seperti tudung saji dengan kuda laut di atasnya. Bentuk  tersebut  menggambarkan  sejarah Kota  Hongkong  Van Borneo  yang pernah menjadi bagian dari Kabupaten Sambas.

Lalu 3 patung di atas tampah mencerminkan tiga etnis khas Singkawang, Melayu, Suku Tionghoa, dan Suku Dayak. Ikon ini  memiliki makna perlindungan bagi tiga etnis besar dan etnis lainnya yang hidup rukun dan harmonis di Kota yang  mendapatkan predikat kota tertoleransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *