Menelusuri Goa Buniayu, Salah satu Goa terbaik di Indonesia

Goa Buniayu, Sukabumi merupakan salah satu destinasi goa yang direkomendasikan oleh Kementerian Pariwisata sebagai top 15 destinasi wisata pertualangan dan menjadi salah satu atau tiga destinasi wisata nusa – jelajah gua yang terdiri dari Gua Buniayu, Gua Jomblang, dan Gua Maros.

Sabtu 29/3 lalu, saya menelusuri Goa Buni Ayu yang berada di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat. sebelumnya saya sudah menelusuri goa horisontal, kali ini saya menelusuri goa vertikal.

kali ini saya, bersama 4 wisatawan lainnya menjelajahi perut bumi tersebut dengan pendampingan dari Buniayu Adventure and Training (BAT). Waktu menunjukan pukul 9 pagi, kami semua bersiap menggunakan alat keselamatan hingga mendengarkan aturan saat di bawah goa yang disampaikan oleh guide kami.

Usai semua selesai, kami pun berjalan menuju mulut goa. oiya pemandu kami tidak sendiri. Ada tim rescue dan lainnya. sesampai di mulut goa kami pun bergantian turun menggunakan alat yang sudah disediakan.

usai semuanya turun, lampu dan alat penerangan lainnya yang dibawa sudah dinyalakan untuk menuntun penjelajahan goa yang akan memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak 1.500 meter.

perjalanan yang tidak sebentar dengan waktu 3 jam menjelajahi perut bumi, langkah kakipun melangkah sembari memilih jalan, ada tiga zona di goa vertikal tersebut. zona terang, zona senja dan zona gelap abadi.

selama penelusuran goa ini, kami melewati kawasan berair. Sepanjang zona tersebut sangat menantang karena ada yang sangat dangkal hingga melintasi kawasan air dengan sebatas perut.

kami pun beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pertulangan ini, dengan menikmati makanan ringan dan minum yang disediakan. sekitar 15 menit beristirahat dan mengumpulkan sampah dari bekas makanan dan minuman yang tadi kita nikmati. kami pun bersiap kembali melanjutkan pertualangan tersebut.

selanjutnya ketika berada di kawasan kering, ternyata tantanganya pun tak kalah. karena di kawasan tersebut kami melintas seperti memanjat tebing dengan menggunakan tali dan tak jarang melintasi jalan sempit.

usai kedua hal tersebut dilewati, kini kawasan berlumpur yang harus dilewati. Namun sebelum menuju kawasan tersebut kami merapikan peralatan elektronik yang kami bawa untuk menghindari lumpur.

Usai merapikan langkah kaki kami pun kembali melangkah dengan bantuan penerangan senter yang berada di helm yang kami kenakan. Tempat berlumpur ini pun banyak cerita, seperti teman yang susah berjalan di lumpur yang akhirnya dibantu oleh pendamping yang mendampingi kami selama menelusuri goa. Bahkan ada yang sampai merangkak saat melintasi lumpur.

usia melewati kawasan berlumpur, cahaya matahari pun sudah nampak. itu artinya pintu keluar sudah didepan mata.

namun pertualangan belum berakhir, kami menuju air terjun bibijilan. di sana kami menikmati derasnya air terjun tersebut.

Selama menjelajahi goa terbaik Indonesia ini, selain bebatuan hingga hewan yang hidup di goa pun kami temui. selain itu kami pun menikmati air terjun yang membuat kami segar kembali.

Ternyata selama menjalajahi goa yang memakan waktu tiga jam tersebut, tidak terasa dengan tantangan dan keseruan di bawah perut bumi tersebut.




Satu tanggapan untuk “Menelusuri Goa Buniayu, Salah satu Goa terbaik di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *