Menikmati Top 10 Kuliner Cirebon

Foto : Images.imanfirmansyah.com

Tepat sepekan lalu dibulan ramadan, dari 9-16 Mei 2019 saya mengunjungi Kota Cirebon, Jawa Barat. Nah selama di sana saya menikmati kuliner di Kota dengan sebutan Kota Udang tersebut dimulai dari kuliner tradisi hingga has kaum milenial. Kali ini saya akan menceritakan 10 kuliner yang telah saya nikmati dan bisa menjadi rekomendasi bagi traveler yang akan berkunjung ke Kota Cirebon. 

Karena saat saya yang mengunjungi kota Cirebon dibulan Ramadan jadi saya  bisa menikmati usai maghrib.  Nah ini sepuluh kuliner yang saya akan ceritakan. Yang pertama:

Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi Jamblang merupakan makanan khas Kota Cirebon yang sudah tak asing dan mudah ditemukan disetiap sudut kota, salah satu yang populer adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Nah saya mencoba menikmati Nasi Jamblang Mang Dul untuk santapan sahur, dikarenakan Nasi Jamblang Mang Dul ini buka selama 24 jam, jadi traveler tak perlu risau kehabisan ataupun tutup. Rumah makan ini berada di Jalan Doktor Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kota Cirebon.

Nasi Jamblang Bu Nur

Tak jauh berbeda dengan Nasi Jamblang Mang Dul yang saya nikmati pertama, namun tempat ini mampu menampung ratusan pemburu Nasi Jamblang. Nasi Jamblang Bu Nur ini beroperasi sekitar 13 jam, yakni dari jam 8 pagi hingga 9 malam. Rumah makan ini beralamat di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

Nasi Lengko

Nasi Lengko merupakan makanan khas Cirebon yakni sajian kuliner tanpa adanya korestrol, karena hanya berisikan tahu, tempe, toge, timun dan ditaburi bumbu kancang serta nasi. Salah satu Nasi Lengko yang terkenal di Kota Cirebon yakni Nasi Lengko H.Barno dengan harga 15.000 Rupiah. Lengko H.Barno mempunyai cabang namun rumah makan pertamanya di Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon

Empal Gentong Mang Darma

iapa yang tak mengenal empal gentong ? makanan khas Cirebon ini wajib dinikmati saat traveler berkunjung di kota tersebut. Saat saya menjelajahi tanah Cirebon, saya mencoba dua rumah makan empal gentong, yakni Empal Gentong Mang Darma yang dikenal sebagai pelopor makanan khas tersebut. Saya mencoba empal gentong yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi No.1 ( Samping Bank BTN Krucuk, Kesenden, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

Empal Gentong Amarta

Tak jauh berbeda dengan Empal Gentong Mang Darma, empal gentong ini pun menjadi rumah makan yang banyak orang rekomendasikan karena sebagai pelopor empal asam. Jadi ketika traveler ke sini tidak ada salahnya untuk mencoba menu tersebut di Empal Gentong Amarta ini. Pelopor empal asam ini berada di Jalan Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Tengah Tani, Battembat, Kec.Tengah Tani, Cirebon.

Kopi Pekalipan

KKopi Pekalipan bertempat di ruko klasik, di sini menyediakan beragam kopi nusantara yang bisa traveler cicipi. Buka sejak sore hingga malam hari, kopi yang dibandrol mulai dari harga sepuluh ribu rupiah tersebut, sangat cocok untuk dinikmati pada malam hari di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Berintan tersebut. Sesuai dengan namanya, kopi ini beralamat di Jl. Pekalipan No.84, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

Mie Koclok Panjungan

Sangking penasarannya dengan Mie Koclok Panjungan, saya pun mencoba menelusuri lewat dunia maya, dan hasilnya pun mengejutkan. Namanya tak sesuai dengan bentuk aslinya. Mie Koclok ini seperti bubur, namun menyajikan sajian rasa yang nikmat nan gurih, mie dengan perpaduan kuah putih kental yang asin dan telur rebus yang diiris sebagai penghantar malam yang sempurna. Traveler bisa menemukan Mie Koclok ini di Jl. Pekarungan, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Urban Chicken Cirebon

Selain saya menikmati makanan khas Cirebon, saya memilih makan disuatu resto yang ramai dikunjungi. Rumah makan dengan tagline “Ayame Wong Cirebon, JEH!!!” ini mempunyai menu andalan yakni ayam goreng babak belur, Urban Chincken Cirebon ini sangat ramai dikunjungi dan mampu menampung banyak orang serta menyuguhkan tempat yang nyaman karena memiliki zona bermain anak, sehingga rumah makan ini sangat rekomendasi bagi traveler yang ingin mengajak sanak keluarga dan sikecil untuk berkunjung ke tempat ini. Traveler bisa menemukan Urban Chicken Cirebon di Jl. DR. Sudarsono No.33, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

Strawberyy  Delight

Merupakan salah satu tempat yang komplit, di tempat ini terdapat resto, cafe serta menyajikan roti dan makanan ringan, sangat cocok untuk buah tangan para pelancong. Roti andalan mereka adalah Roti Molen sedangkan untuk cafe dan restonya adalah Nasi Goreng Strawberry, Jus Kedongdong Asam, Ikan tuna, dan lainnya. Tempat ini bisa ditemukan Jl. Kartini No.30, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon

Es Oyen Bandung

Ternyata Es Oyen pun tak hanya di kota Kembang, di Tanah Cirebon pun terdapat es yang terkenal tersebut. Es ini sangat cocok dinikmati di Kota Cirebon karena sangat cocok dengan suasana Cirebon yang panas, menjadi satu sajian yang pas dinikmati di tengah siang hari. Bagi Traveler yang ingin menikmatinya, bisa menyantap Es Oyen di Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

Baraja Coffee

Baraja Coffe berada di tengah pusat kopi Cirebon, tempat yang cocok bagi kawula muda, dilengkapi dengan perpustakaan hal ini semakin menarik minat para penikmat kopi untuk menghabiskan waktu malam hari di sini. Coffee shop ini bisa ditemukan di Jl. Tentara Pelajar No.107, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.


Itulah 11 Kuliner yang saya nikmati, dan menjadi tempat yang sangat rekomendasi bagi traveler yang ingin berkunjung dan menikmati suguhan rasa yang disajikan oleh kota udang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *