Cap Go Meh Sukabumi Kembali


Cap Go Meh adalah perayaan 15 hari pasca tahun baru imlek,  event ini selalu ditunggu berbagai kalangan. festival budaya ini pun menjadi daya Tarik,  dengan menampilkan ragam budaya dalam setiap perayaan  yang digelar dengan  karnaval dengan ciri khas atraksi  barongsai dan  lion yang diarak sepanjang rute karnaval.

Setiap tahunya,  saya selalu menanti  event tersebut karena menarik untuk difoto. Tahun lalu saya berkesempatan  menyaksikan  perayaan Cap Go Meh yang paling terkenal di Indonesia,  yakni di kota singkawang, Kalimantan Barat.

Suasana cap go meh yang kuat dan meriah, bagi saya pantas dinobatkan  cap go meh yang paling diminati banyak wisatawan  dengan penampilan  khas tatung. Ribuan orang memadati spanjang  rute helaran  cap go meh. Usai event tersebut, membuat saya ingin  datang  dikemudian hari  ke kota singkawang.

Berbicara Cap Go Meh di Sukabumi,  sebenarnya selalu ada  perayaan tersebut. Berbeda dengan yang lain perayaan  Cap Go Meh di kota sukabumi ini selalu  hari ke 22 setelah tahun baru imlek. Tahun ke tahun, saya hampir mengikuti  pagelaran tersebut. Namun Cap Go Meh di  Sukabumi, yang digelar secara besar yakni di tahun 2012.

Teringat  antusias masyarakat,  yang memadati  sepanjang  rute karnaval. Atraksi yang menampilkan kergaman budaya dari mulai  debus, kuda lumping  dan tentunya  atraksi  barongsai  dan lion gie say. Namun  tahun 2013 sampai  tahun 2019  perayaan  Cap Go Meh ini tak seperti tahun 2012, setiap tahun saya menanti event tersesbut kembali seperti di tahun  2012. Hal itu membuat rindu kemeriahan acara tersebut. Alunan musik  khas  dan Susana serba merah yang menghiasi  perayaan cap go meh.

Namun kerinduan  selama 7 tahun ini akan segera selesai, informasinya  tahun 2020 perayaan hari ke 15/ Cap go Meh akan digelar. festival budaya sukabumi CGM 2020 ini akan digelar 13-14 dengan puncak acara di tanggal 14, yang nantinya akan melakukan  karnaval, menlintasi berbagai  ruas jalan di kota mochi ini.  Informasinya akan menampilkan ragam budaya berbagai daerah dan atraksi tatung untuk memeriahkan acara ini.

Ajang festival budaya, bagi saya salah satu media mengenalkan keberagaman budaya kepada masyarakat luas. salah satu dari festival tersebut yakni Cap Go Meh. festival budaya ini memperlihatkan bahwa keberagaman ini menyatukan semua lapisan masyarakat.

Rasanya  tak sabar menanti tanggal 13-14 ini, karnaval yang akan melintasi  Jalan Ahmad yani dan  ruas  lainnya  ini akan mengobati  rindu visual yang selama 7 tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *