Merajut Harapan Dengan Kebersamaan

Tahun 2020 Perayaan Cap Go Meh kembali  diselanggarakan  di Jalan Pejagalan, Kota sukabumi, Jawa Barat. Perayaan yang berlangsung dua hari ini berlangsung sejak 13-14 februari 2020. Dua hari perayaan tersebut berpuncak dengan kirab budaya sukabumi yang melintasi berbagai Kawasan kota sukabmi.  Kirab budaya sukabumi yang menampilkan ragam  budaya seperti  liong dan barongsai, lengser ambu,  boles, lisung ngamuk dan berbagai  budaya luar sukabumi pun turut hadir dalam kirab budaya yang terakhir diselanggarakan 2012 silam.

Peserta Kirab membawa Joli Kong Co Han Tan Ko (depan) dan Joli Dwi Kan Im Sam Pho Sat ( Belakang keluar dari Vihara Widhi Sakti Sukabumi dalam acara kirab budaya sukabumi Cap Go Meh 2020.

 Sebelum  dimulai kirab budaya, Warga pun banyak yang bertanya a rutenya lewat sini kan trus kemana lagi?. Tampak dengan mata, ribuan orang sepanjang jalan rute yang akan dilewati kirab budaya sukabumi Cap Go Meh 2020. pasca salat jumat sudah banyak  warga yang menantikan peserta kirab yang menampilkan ragam budaya sukabumi. Mereka tersebar diberbagai titik rute yang dilewati peserta kirab.

Hujan yang sempat turun tak menyurutkan mereka yang menanti. Alunan musik dari berbagai alat musik mengiringi  sepanjang kirab, tak jarang pula mereka yang meminta foto Bersama dengan peserta kirab. Pagelaran kirab yang dimulai pukul 15:25 hingga pukul 21:00 ini berjalan dengan lancar. Pagelaran kirab budaya sukabumi ini memperlihatkan adanya kebahagian

Penampilan atraksi Barongsai merah putih dalam perayaan Cap Go Meh 2020/2571 di Vihara Widhi Sakti Sukabumi

Namun pagelaran budaya tersebut  ada  harapan demi harapan yang mereka rajut dalam kebersamaan. budaya Indonesia yang tak lepas dengan budaya tionghoa. Banyaknya akulturasi budaya antara tionghoa dan  Indonesia, seperti di Sukabumi akulturasi kuliner, bangunan dan lainnya. Selain itu peran warga tionghoa dalam perkembangan di sukabumi.

Perayaan Cap Go Meh dan kirab kesenian dan kebudayaan, mempunyai harapan demi harapan seperti sebagai ajang pemesatu bangsa.  Selain itu mereka berharap keberagaman menjadi sebuah kebahagian dan kebersamaan. Dengan  ragam ras, ragam suku,ragam budaya dan ragam keagamaan yang dimliki di indonesia yang membuat kita Bersama. Disatukan dalam bhineka tunggal ika untuk merajut sebuah harapan  Bersama untuk semua.

13 tanggapan untuk “Merajut Harapan Dengan Kebersamaan

  • Februari 15, 2020 pada 6:00 am
    Permalink

    Semoga sukabumi semakin nyaman…. berkunjung ke website ane ya.. uckerg.my.id…

    Balas
    • Februari 26, 2020 pada 1:47 am
      Permalink

      siap kang nuhun yaaa, amiin

      Balas
  • Februari 15, 2020 pada 6:28 am
    Permalink

    Makasih dek iman aing jadi bisa saksi kesuksesan Cap Go Meh 2020 Tahu ini 🙁

    Balas
    • Februari 26, 2020 pada 1:47 am
      Permalink

      nuhun pak anis

      Balas
    • Februari 26, 2020 pada 1:48 am
      Permalink

      nuhun kang asep

      Balas
  • Februari 15, 2020 pada 9:48 am
    Permalink

    Meriah sekali acara cap go meh ini ya Kang, apalagi dengan foto-foto dari atas terlihat gelombang manusia yang demikian antusias mengikuti acaranya…

    Salam,

    Balas
    • Februari 26, 2020 pada 1:48 am
      Permalink

      yapsbetul kangm nuhun pisankang

      Balas
    • Februari 26, 2020 pada 1:48 am
      Permalink

      nuhunnn

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *